Galau, Antara Kerja atau Kuliah

Tanya:

Saya bingung antara kerja atau kuliah… sebenarnya ada keinginan untuk kuliah, tapi di samping itu juga saya memikirkan kebutuhan keluarga.. saya bingung langkah apa yang harus saya ambil.

Sri Nanik – di Plajan, Pakis Aji, Jepara

 

Jawab :

Terima kasih Sdr Sri Nanik yang telah mempercayai kami. Beberapa yang bisa dijadikan pertimbangan terkait masalah yang sedang Anda hadapi bahwa

1. Sdri memiliki motivasi yg cukup tinggi untuk meraih prestasi, terlihat dari keinginan untuk kuliah,namun sepertinya terkendala dana karena harus memikirkan kebutuhan keluarga juga. Untuk permasalahan dana, tentunya perlu dipertimbangkan betul-betul solusinya agar kebutuhan keluarga tidak terbengkalai mengingat biaya kuliah tidak sedikit. Salah satu solusi, bisa dengan mencari beasiswa.

2. Solusi lain, bekerja sambil kuliah, mengingat banyak program studi yang menawarkan kuliah sore seperti di UMK, meski harus pandai-pandai memanajemen waktu dalam menjalani keduanya.

3. Meski jenjang pendidikan tinggi tidak menjamin kesuksesan karena banyak pula orang yang tidak kuliah juga bisa sukses, namun setidaknya dengan mengikuti kuliah, dan mendapat gelar. Anda akan banyak memiliki ilmu, mempunyai daya analisa berpikir yang lebih baik dan juga pengalaman yg bisa dijadikan pondasi dalam menyusun langkah-langkah untuk meraih masa depan gemilang.

Semoga bermanfaat..

Konsultasi ini dijawab oleh : Iranita Hervi Mahardayani, S.Psi, M.Psi

Leave a comment