5 Hal Unik yang Hanya Bisa Dirasakan Anak Jurusan Psikologi

Mungkin banyak orang yang bertanya-tanya, apa saja, sih, yang dipelajari di kuliah Psikologi? Ada yang bilang kuliah Psikologi itu enak karena mempelajari hubungan antara manusia. Kita bisa menebak kepribadian orang dari bentuk wajah, tulisan tangan, dan gerakan tubuh.

Ada juga yang bilang kuliah Psikologi itu enak karena kita bisa banyak berinteraksi dengan orang-orang di sekitar. Menurut kamu, Ilmu Psikologi itu apa, sih? Ilmu Psikologi adalah ilmu yang mempelajari bagaimana proses mental dalam diri seseorang akan mempengaruhi perilakunya. Mau tahu hal-hal unik apa saja yang hanya akan kamu dapatkan ketika kuliah di jurusan Psikologi? Yuk, kita simak hal-hal di bawah ini.

1. Kamu akan belajar tentang jenis-jenis kepribadian dalam diri manusia

Semua orang tentu terlahir dari kepribadian yang berbeda-beda. Tidak ada satu pun manusia yang sama persis dengan orang lain. Meski anak kembar sekalipun, karakter mereka bisa berbeda. Nah, di sini kamu akan belajar keunikan antara satu pribadi dengan pribadi yang lain. Selain itu, Psikologi pun bisa membantu untuk mengenal kepribadianmu sendiri. Menarik, bukan?

2. Kamu akan belajar memahami pola pikir orang lain tanpa harus mengubah pola pikirmu sendiri

Kamu akan belajar bagaimana memahami sudut pandang orang lain. Setiap orang memiliki cara berpikir yang berbeda-beda sesuai dengan latar belakang pendidikan, pengalaman, dan usia. Kamu hanya cukup memahami dan mengerti bagaimana pola pikir mereka tanpa harus mengubah pola pikirmu sendiri. Ini tentu bukan hal yang mudah.

Jika memutuskan untuk kuliah di jurusan Psikologi, kamu akan belajar bagaimana memahami pola pikir orang lain tanpa harus mengubah pola pikirmu sendiri. Sedikit rumit, tapi mengasyikkan, lho!

3. Kamu akan mempelajari tentang apa yang mendasari perilaku seseorang

Tidak mungkin ada asap kalau tidak ada api, bukan? Demikian juga dengan perilaku manusia. Setiap tingkah laku seseorang tentu ada sebabnya. Jika seorang anak suka memukul teman-temannya di sekolah, pasti ada yang menyebabkan anak tersebut berperilaku demikian. Nah, kamu dapat menggali banyak hal untuk mengetahui apa yang mendasari anak tersebut sehingga memukul teman-temannya. Menarik? Tentu!

4. Kamu akan belajar untuk menangani berbagai permasalahan orang lain

Ketika kamu kuliah Psikologi, kamu akan belajar untuk menangani masalah orang lain sesuai kebutuhan mereka. Kamu akan menengahi seperlunya, namun tanpa campur tangan lebih dalam. Kamu pun akan belajar juga beberapa kode etik yang harus dipatuhi ketika menghadapi klien yang bermasalah. Secara tidak langsung, kamu akan mendapatkan ilmu pengetahuan melalui pengalaman klienmu dalam menghadapi masalahnya.

5. Kamu akan belajar berbagai terapi atau metode untuk mengatasi masalah klien

Ketika kamu kuliah Psikologi, kamu akan belajar berbagai terapi atau metode yang akan digunakan untuk membantu klien. Tentu tidak hanya itu, kamu juga bisa belajar menerapkan metode itu kepada dirimu sendiri terlebih dahulu. Siapa tahu, kamu bisa menemukan sebuah metode atau terapi terbaru yang bisa digunakan untuk semua orang. Di sinilah daya kreativitasmu akan diasah. Menarik, bukan?

Itulah lima hal unik yang hanya akan kamu rasakan ketika berkuliah di jurusan Psikologi. Buat kamu yang berminat mengambil jurusan Psikologi, akan ada banyak hal menarik lainnya yang akan kamu dapatkan selain di atas. Kamu pun tidak hanya belajar memahami orang lain, tetapi juga diri sendiri. Jadi, tunggu apalagi? Buat kamu yang mau masuk kuliah, pikirkan untuk masuk jurusan Psikologi, ya!

Sumber: idntimes.com

Leave a comment