Kalau Kuliah Jurusan Psikologi, Nanti Bakal Jadi Apa Ya?

Psikologi adalah ilmu yang mempelajari perilaku kejiwaan manusia. Banyak kampus yang menyediakan jurusan ini, dan cukup banyak pula peminatnya. Lulusan jurusan psikologi apakah nantinya akan menjadi seorang psikolog atau dokter jiwa? Yah… tapi ketemu orang gila saja rasanya takut. Gimana dong?

Kamu nggak sendiri kok. Ada banyak orang tua mahasiswa atau mahasiswa sendiri yang tidak yakin dengan peluang kerja lulusan jurusan ini. Sebenarnya, lulusan jurusan psikologis bisa berkarya sebagai apa saja sih?

Sebagai ilmu sosial, psikologi memiliki pendalaman ilmu yang beragam, antara lain: psikologi sosial, klinis, perkembangan dan industri. Jadi, sebenarnya cakupan kerjanya sangat luas. Ini lho beberapa prospek lulusan jurusan psikologi.

1. Human Resources Development (HRD)

Sebenarnya, profesi ini paling banyak digeluti oleh alumni jurusan psikologi. Kenapa? Karena hampir semua perusahaan membutuhkan divisi ini, entah itu perusahaan kecil atau perusahaan besar, entah pemerintahan ataupun swasta. Sebagai HRD, ada beberapa bidang yang bisa ditekuni alumni jurusan psikologi, antara lain, mengurusi operasional karyawan, mengurus penggajian karyawan, rekrutmen karyawan, pengembangan organisasi dan performance management, serta training dan development untuk mengembangkan karyawan.

2. Psikolog

Kalau kamu melanjutkan kuliah S2 dengan pendalaman psikologi klinis, kamu bisa mendapat gelar psikolog. Sebagai seorang psikolog, kamu akan banyak dibutuhkan oleh pemerintah dan swasta, untuk mengeluarkan hasil tes psikologi yang legal. Di rumah sakit, kamu bisa menangani pasien dengan gangguan jiwa, atau anak-anak yang perkembangan mentalnya terganggu. Kamu juga bisa membuka tempat praktik sendiri seperti layaknya dokter.

3. Guru Bimbingan Konseling.

Kalau kamu cinta anak-anak dan kuliah jurusan psikologi, kamu cocok bekerja di sekolah sebagai guru BK. Guru BK dibutuhkan dari tingkat SD hingga SMA. Tugasnya memberikan bimbingan dan konseling terhadap para siswa terkaitan hambatannya belajar, atau membantu memaksimalkan potensi anak-anak.

4. Dosen Psikologi.

Nah, kalau kamu meneruskan ke jenjang S2, kamu juga bisa memilih menjadi dosen. Sebagai dosen, kamu akan memiliki banyak pilihan sesuai bidang yang kamu pelajari selama S2.

5. Penulis atau Penerjemah Buku.

Kalau memang kamu suka menulis atau menerjemahkan, latar belakangmu sebagai mahasiswa psikologi sangat dibutuhkan dalam dunia perbukuan untuk menerbitkan buku-buku psikologi. Tentunya, kalau mau jadi penerjemah, kamu juga harus ahli bahasa tertentu ya!

6. Trainer.

Kalau kamu suka memberi pelatihan dan pekerjaan, jadi trainer di lembaga training bisa dipertimbangkan. Biasanya, training yang diberikan berkaitan dengan motivasi, pengembangan diri, kelompok atau organisasi.

7. Konselor.

Di perusahaan-perusahaan besar, konselor biasanya berfungsi sebagai konseling bagi pekerjanya. Di kampus atau sekolah, untuk mahasiswa dan siswa. Di luar perusahaan, biasanya konselor dibutuhkan oleh LSM dan Non Government Organization yang konsen pada remaja, anak atau gender.

Masih bingung tentang prospek alumni jurusan psikologi? Semoga enggak ya!

Sumber : idntimes.com

Leave a comment