Bingung Memilih Jurusan : Psikologi atau Bahasa Inggris ?

Tanya :

Saya bingung dengan pilihan product kuliah, karena saya memiliki 2 pilihan di mata kuliah bahasa inggris atau di psikologi. Tolong bantuanya untuk meyakinkan bakat saya dimana.
Terimakasih

Vivi, di Kudus

 

Jawab :

Sdr V, posisi yg paling tidak mengenakkan adalah ketika bingung menentukan pilihan, apalagi yg menyangkut masa depan. Beberapa hal yg bisa dilakukan untuk menentukan pilihan jurusan :


1. Mengetahui minat dan bakat diri. Dapat ditelusuri dengan tes bakat minat atau kecenderungan kesenangan dalam kehidupan sehari-hari. Untuk tes minat bakat di psikologi UMK ada layanannya. Bisa menghubungi kami lebih lanjut.


2. Cita-cita ingin menjadi apa kelak, juga bisa dijadikan sebagai dasar memilih jurusan. Misal ingin menjadi psikolog seperti Popy Amalya, ya berarti yang dipilih jurusan psikologi. Atau sebaliknya ingin menjadi guru/dosen bahasa inggris, tentunya yang dipilih jurusan bahasa inggris.


3. Kalau masih bingung dengan cita-cita, dan ingin memilih 2 jurusan tersebut, bisa dicoba ditimbang mana yang bisa dilakukan bisa dicapai tanpa harus kuliah tapi bisa dengan pelatihan atau kursus. Misal menjadi psikolog tidak bisa hanya dengan mengikuti kursus, tetapi memang harus kuliah. Untuk bisa menjadi ahli bahasa inggris bisa lewat kursus atau pelatihan atau les, sehingga bisa meraih sekaligus 2 yg diinginkan. Yaitu menjadi psikolog (bisa membantu orang lain atau ingin mengetahui minat bakatnya supaya tidak tambah bingung) yg juga pandai berbahasa inggris…wuihh..hebatt …go internasional..

Jurusan psikologi dan bahasa inggris memang sama-sama jurusan yg tidak akan hilang dan akan trus dibutuhkan menyongsong revolusi 4.0 bahkan 5.0

Oiyaa.. jangan lupa berdoa juga ya, meminta petunjuk padaNya untuk pilihan yg terbaik…Do the best !!!

 

Konsultasi Psikologi ini dijawab oleh

Iranita Hervi M, S.Psi, MPsi

Leave a comment