Video Company Profile Fakultas Psikologi Universitas Muria Kudus
Lihat video company profile Fakultas Psikologi Universitas Muria Kudus
Kuliah Umum Fakultas Psikologi UMK
Analisa Widyaningrum, Psikolog Rumah Sakit JIH Yogyakarta sedang memberikan materi dalam Kuliah Umum Pengenalan & Pengembangan Bakat Potensi Untuk Pengembangan Karir Mahasiswa (07/12/2016)
Workshop Micro Expression KPT Insight Psikologi UMK
Antonius Kurniawan menyampaikan materi workshop Micro Expression di @HOM Hotel (19/11/2016)
Fakultas Psikologi Luluskan 20 Sarjana
Para Wisudawan sedang berfoto bersama dengan pengajar di acara pelepasan wisudawan Fakultas Psikologi UMK 15 Oktober 2016
Kuliah Umum Psikologi Sosial Fakultas Psikologi Universitas Muria Kudus
Dr Otto Nur Abdullah memaparkan arti dan makna pelanggaran HAM berat bagi korban di acara kuliah umum yang diselenggarakan kajian Psikologi Sosial, Psikologi UMK (23/06 - 2016)
Easy to starts

Ingin Konsultasi?

Anda punya masalah psikologis. Konsultasikan kepada kami. Gratis

Kirim Konsultasi
Forum Support

Psikotest

Menyediakan jasa tes psikologi untuk personal ataupun perusahaan.

Ikuti Psikotest

Great docs & support

Info Lowongan

Ikuti selalu info terbaru lowongan pekerjaan untuk S1 Psikologi

Lowngan Terbaru

Great docs & support

Jadwal Kuliah

Jangan sampai tidak mengikuti perkuliahan hanya karena tidak tahu jadwal kuliah.

Jadwal Terbaru

INFO PENTING

Download Naskah Penulisan Jurnal
Salah satu syarat pengumpulan hasil akhir skripsi adalah membuat skirpisi sesuai dengan dengan format jurnal. Berikut link pedoman ....

Download dan Baca Pedoman Penulisan Skripsi Terbaru
Mahasiswa yang mengambil mata kuliah skripsi, diharapkan untuk mendownload dan membaca materi panduan penulisan skripsi terbaru ....

Bingung Memilih Profesi Yang Diminati

Terimakasih kepada Lesta yang sudah berkenan berbagi ceritanya.
Ada 4 faktor yang mempengaruhi dalam pemilihan jurusan atau profesi yang akan digeluti oleh seseorang, diantaranya

  1. Potensi kecerdasan
  2. Karakter kepribadian
  3. Bakat dan minat
  4. Faktor lingkungan (orang tua, keluarga, sosial)

Kita akan membahas keempat faktor tersebut satu persatu, semoga dapat menjadi pencerahan dan bahan pertimbangan bagi Lesta ataupun rekan-rekan lain yang sedang mengalami hal yang sama dengan Lesta.

Yang pertama, faktor potensi kecerdasan. Faktor potensi kecerdasan merupakan gambaran kemampuan dasar seseorang, terutama dari segi kapasitas inteligensi. Mengapa faktor ini menjadi faktor penting dalam pemilihan jurusan atau profesi? Karena saat kita memilih untuk kuliah ataupun melanjutkan pendidikan ke tingkat yang lebih tinggi, maka tuntutan dalam penguasaan materi/ ilmu yang dipelajari juga semakin tinggi. Kemampuan analisa, memory/ ingatan, dan kemampuan pemahaman sangat dibutuhkan saat Lesta memutuskan untuk melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi baik itu kuliah ataupun mendaftar di akademi kepolisian.  Lalu bagaimana caranya mendapatkan gambaran mengenai potensi kecerdasan kita? Untuk mendapatkan gambaran secara tepat Lesta dapat melakukan tes potensi kecerdasan kepada ahlinya, yaitu psikolog. Psikolog akan memberikan tes inteligensi yang disesuaikan dengan usia Lesata saat ini. Hasil dari tes inteligensi tersebut nantinya akan dapat memberikan gambaran secara komprehensif mulai dari kemampuan pehamanan, kelancaran berbahasa, kemampuan memory, kemampuan berhitung, dan kemampuan visual motorik Lesta. Jika belum memungkinkan untuk melakukan tes inteligensi, Lesata dapat memperoleh gambaran potensi kecerdasan dari nilai harian di sekolah.

Yang kedua, faktor karakter kepribadian.  Setiap individu memiliki karakter kepribadian yang unik satu dengan yang lain. Karakter kepribadian ini menjadi salah satu faktor dalam pemilihan jurusan ataupun profesi karena masing-masing karakter kepribadian memiliki kecocokan dalam bidang pekerjaan tertentu.
Berikut ini contoh beberapa karakter kepribadian individu:

  • Sikap bersosialisasi: misalnya, orang yang pendiam dan lebih nyaman dalam kesendiriannya apakah lebih cocok masuk jurusan komunikasi atau ilmu komputer? Tentu jawabannya adalah lebih cocok di jurusan ilmu komputer, dimana dalam pekerjaan nanti akan lebih sedikit tuntutran untuk berinteraksi dengan orang lain dibandingkan dengan pekerjaan yang berhud=bungan dengan jurusan komunikasi.
  • Sudut pandang terhadap informasi dan bagaimana memandang sesuatu: misalnya, orang yang imajinatif dan mempunyai kreatifitas yang tinggi, maka akan sesuai jika memilih jurusan desain grafis.
  • Sikap pengambilan keputusan: misalnya, individu dengan kemampuan pengambilan keputusan yang baik (tidak mudah ragu, tidak mudah putus asa), maka cocok bekerja sebagai direktur atau supervisor.
  • Sikap berkehidupan: misalnya, untuk jurusan teknik sipil atau arsitek lebih cocok orang yang bekerja dengan perencanaan dibandingkan dengan individu yang bekerja secara spontan mengerjakan apa yang ada didepan mata.
  • Tipe kepribadian yang dominan, cocok menggeluti bidang pekerjaan (profesi) yang membutuhkan kemampuan dalam mengarahkan orang lain seperti direktur, supervisor, dll. Individu dengan tipe kepribadian yang mudah tunduk atau mudah memilih untuk mengalah dari orang lain, cocok dengan pekerjaan staf administrasi, customer service, karyawan perusahaan jasa ataupun produk, dll.
  • Lalu individu dengan kemampuan sosialisasi yang baik, cocok dengan bidang pekerjaan yang membutuhkan kemmpuan dalam berinteraksi secara baik dengan orang lain, seperti psikolog, konselor, presenter, pengacara, polisi, guru, dokter, dll.


Yang ketiga, faktor bakat dan minat. Bakat dan minat yang dimiliki oleh individu akan menunjang keberhasilan individu dalam menjalankan profesi yang dipilih.  Adanya potensi kecerdasan yang baik, ditunjang oleh adanya bakat serta mnat yang dimiliki oleh individu, akan memberikan kemudahan dan kelancaran bagi individu dalam menjalani profesi sesuai bakat dan minatnya. Untuk mendapatkan gambaran mengenai bakat dan minat, juga dapat dilakukan tes bakat minat oleh psikolog. Sebagai gambaran awal mengenai minat, cobalah untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan berikut :

  • Apa hobi dan kegemaranmu?
  • Karir atau profesi seperti apa yang kamu inginkan? Apakah yang lebih banyak bekerja di dalam ruangan (indoor)? Atau Outdoor? Apakah yang berinteraksi dengan banyak orang atau yang cenderung sendiri?


Yang keempat adalah faktor lingkungan. Faktor lingkungan yang dimaksud disini meliputi :

  • Pandangan keluarga terhadap karir kita kedepan, misalnya harapan orang tua mengenai bidang profesi yang akan kita pilih.
  • Faktor ekonomi keluarga, terkait dengan dana untuk jenjang pendidikan sesuai karir yang dipilih.
  • Pengaruh dari teman-teman terdekat kita dalam mempengaruhi pilihan karir kita.


Ke-empat faktor tersebut saling mempengaruhi satu dengan yang lainnya. Jika saat ini Lesat masih ragu dengan keputusan apakah akan mencoba mendaftar menjadi polisi wanita ataukah kuliah di jurusan tertentu. Maka Lesta dapat menilik kembali ke-empat faktor tersebut, sehingga keputusan yang diambil nantinya merupakan keputusan yang sudah didasarkan pada pertimbangan yang matang. Jika faktor ekonomi keluarga saat ini masih menjadi faktor pertimbangan yang cukup besar bagi Lesta, maka Lesta dapat mempertimbangkan opsi lain, misalnya Lesta dapat bekerja terlebih dahulu sesuai dengan kemaampuan dan keterampilan yang dikuasasi saat ini sehingga dapat memperoleh penghasilan dan menabung untuk keperluan kuliah di perguruan tinggi. Jika dana yang dibutuhkan sudah ada, Lesata dapat mulai mendaftar diperguruan tinggi yang diinginkan, sesuai dengan potensibakat dan minat Lesta. Saat ini beberapa perguruan tinggi juga membuka program khusus bagi para mahasiswa yang juga sedang bekerja, sehingga perkuliahan dapat diikuti di sore atau malam hari, diluar jam kerja karyawan.

Salam sukses untuk Lesta

Konsultasi Psikologi ini dijawab oleh

Ridwan Budi Pramono

 

AGENDA

Her Registrasi Semester Genap 2014/2015
Sesuai dengan kalender akademik Semester Genap tahu 2014/2015 Her-Registrasi Universitas Muria Kudus akan dilaksanakan tanggal 2 - 14 Februari 2015 ....

Pendaftaran Ujian Skripsi

Mahasiswa yang sudah mengambil skripsi bahwa pendaftaran ujian skripsi paling lambat 18 Februari 2015, dengan menyertakan persyaratan ujian ...


Penjelasan Aturan Dan Alur Pengajuan Skripsi

Mahasiswa Semester 8 yang sudah mengambil skripsi DI WAJIBKAN HADIR pada kegiatan penjelasan aturan dan alur pengajuan skripsi


Fakultas Psikologi UMK Peroleh Akreditasi B
Seluruh civitas akademika Fakultas Psikologi Universitas Muria Kudus pada tahun ini tampaknya bergembira sekali, mengingat setelah melalui perjuangan yang panjang ....