Artikel

Bingung setelah Lulus SMU

Bingung setelah Lulus SMU

 

Tanya:

Saya seorang siswa SMU kelas 3, saat ini saya baru saja menerima hasil kelulusan, dan saya sangat bahagia bisa lulus UAN. Tetapi saat ini saya sedang bingung dan cemas untuk menentukan pilihan bagaimana jalan yang terbaik untuk masa depan saya? mohon bantuan solusinya, terima kasih.

 

Jawab:

Terima kasih adik I di Kudus. Sebelumnya, saya ucapkan selamat karena telah berhasil lulus UAN. Hal ini patut disyukuri karena kita banyak mendengar berita bahwa banyak teman-teman adik I yang harus mengulang ujian kembali. Namun jangan kawatir dengan masalah yang sekarang ini dialami adik I, saya yakin bahwa masalah ini harnpir rata-rata dialami oleh siswa yang baru saja lulus dari SMU karena mereka bingung apa yang harus dilakukan setelah lulus dari SMU.

 

Perlu diketahui bahwa usia adik I saat ini menurut ahli Psikologi Erik Erikson (1968) merupakan masa Adolesen atau masa remaja. Di mana masa remaja merupakan fase adaptif dalam perkembangan kepribadian, dan merupakan tahap paling penting di antara tahap perkembangan lainnya karena adanya kekacauan atau krisis identitas. Identitas itu sendiri bisa positif atau negatif mengenai keputusan apa yang akan mereka ambil atau mereka yakini. Identitas yang positif yaitu kemampuan untuk memutuskan secara bebas apa yang akan dilakukan.

 

Sebetuinya banyak sekali pilihan yang dapat diambil adik I khususnya untuk masa depan, namun tentu saja pilihan tersebut harus berdasarkan dari minat, kemampuan, keinginan adik I sendiri dan bukan berasal dari paksaan siapapun baik dari orang tua, teman, dan lingkungan sekitar. Karena bila berdasarkan paksaan dari pihak lain, hal ini akan berdampak tidak baik bagi adik I untuk ke depannya. Karena bila dalam melakukan suatu hal yang tidak berdasarkan hati nurani pasti hasilnya akan tidak optimal.

 

Mulai sekarang adik I mungkin bisa merenungkan, dan memikirkan apa sebenarnya yang adik I inginkan, dan tentu saja keinginan tersebut diimbangi kesadaran akan kemampuan yang dimiliki. Bila saat ini adik I ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi mulai dipikirkan mengenai jurusan apa yang akan diambil, bila adik I lebih berminat dan menonjol dalam kemampuan berhitung, mulai dipilih jurusan apa saja yang lebih dominan untuk mengembangkan kemampuan berhitung, namun bila adik berjninat untuk bidang sosial mungkin bisa dipilah-pilah jurusan apa saja yang lebih dominan untuk mengembangkan kemampuan sosial. Namun jika saat ini adik I berminat untuk mencari pengalaman dengan bekerja terlebih dahulu, mulailah menentukan apakah harus bekerja menjadi karyawan atau mulai untuk membuka usaha sendiri. Dan tentu saja keinginan tersebut diimbangi dengan pemikiran yang matang apa kelemahan dan keuntungan dari jalan yang akan diambil, karena bila sampai tergesa-gesa dalam ambil keputusan, saya takut adik I akan menyesal dikemudian hari. .

 

Demikian adik I beberapa pilihan yang dapat digunakan dalam mengambil solusi yang terbaik bagi masa depan adik, yang terpenting dalam memilih jalan yang akan diambil merupakan berasal dari hati nurani adik sendiri dan bukan pengaruh dari pihak lain. Karena yang mengetahui akan kekuatan dan kelemahan diri adalah adik I sendiri. dan semoga pilihan yang diambil adik I bermanfaat di kemudian hari. Terima kasih semoga sukses dengan pilihan adik untuk masa depan.

 

Dijawab oleh:

Dhini Rama Dhania, S.Psi, M.Si