[Konsultasi] Bingung Pilih Jurusan Kuliah

Tanya:

saya binggung mau kuliah milih jurusan apa, saya pengennya jurusan bk, tapi orang tua nyuruhnya di pgsd, dan di pgsd umk ada pelajaran olahraga, saya takut dan trauma karena saya dalam pembelajaran olahraga selalu buruk, dan saya sering malu di lihat teman teman

AM - Jepara

 

Jawab :

Mas AM di Jepara, berbeda pendapat dengan orangtua. Orangtua menghendaki mas AM memilih PGSD, namun karena mas AM mempunyai pengalaman buruk dan capaian hasil yang jauh dari harapan dalam olahraga sehingga malu dengan teman teman. Sehingga mas AM lebih memilih jurusan Bimbingan Konseling.

Pengalaman yang buruk atau tidak nyaman pada kita akan membekas dan dapat menjadikan traua, sehingga kita cenderung menghindari hal tersebut. Sebetulnya ada jurusan lain yang dapat dijadikan pilihan. Jurusan Psikologi misalnya.

Perbedaan Psikologi dengan BK, jika memilih jurusan psikologi maka akan memperoleh ilmu BK, karena BK sendiri adalah salah satu hal yang di pelajari oleh mahasiswa psikologi. Selain itu juga mendapatkan ilmu bagaimn menterapi orang trauma, rekrutmen dan seleksi dalam perusahaan, bagaimana penanganan kasus anak berkebutuhan khusus, manajeman kelas, penyelesaian kasus sosial dalam masyarakat. karena dalam psikologi mahasiswa mempelajari psikologi industri dan organisasi, psikologi klinis, psikologi perkembangan,psikologi sosial dan psikologi pendidikan. Selain itu menurut UU No. 16 Tahun 2007 menyatakan lulusan sarjana S1 Psikologi dapat menjadi guru PAUD,TK,dan SD.

Konsultasi ini dijawab oleh : Rr Dwi Astuti, S.Psi, M.Psi