Kurikulum KBK

Berdasarkan Keputusan Menteri Nomor 232/U/2000 dan 045/U/2002 maka kurikulum fakultas psikologi dirancang sesuai dengan visi, misi dan tujuan fakultas psikologi dan terbagi dalam 153 SKS. Dengan adanya kebijakan kurikulum muatan lokal maka beberapa mata kuliah fakultas psikologi disesuaikan dengan tuntutan  kebutuhan pasar kerja. Struktur dan isi kurikulum dirumuskan sebagai berikut :
 

  1. Kurikulum Inti terdiri atas Mata Kuliah Pengembangan Kepribadian (MPK) 10 SKS, Mata Kuliah Keilmuan dan Ketrampilan (MKK) 66 SKS dan Mata Kuliah Keahlian Berkaya (MKB) 42 SKS. Jadi seluruhnya berjumlah 118 SKS (77,12 %).
  2. Kurikulum Mata Kuliah Perilaku Berkarya (MPB) 24 SKS dan Mata Kuliah Berkehidupan Bermasyarakat (MBB) 11 SKS sehingga seluruhnya berjumlah 35 SKS (22,88 %) 
  3. Relevansi kurikulum fakultas psikologi dengan kebutuhan pasar kerja diantisipasi dengan melakukan pengkajian dan peninjauan kurikulum melalui forum pertemuan berkala (rapat kerja) yang dihadiri oleh para dosen dan stakeholder eksternal yang dilaksanakan dua tahun sekali.

Berdasarkan hasil Kolokium Psikologi ke IX di Semarang yang menetapkan kurikulum baru, maka fakultas psikologi mulai berubah menggunakan kurikulum 2002 berdasarkan rapat program studi pada tanggal 7 Juli 2005 dan mulai tahun akademik 2005/2006 dengan menyajikan  beban studi 146 sks yang merupakan inti pendidikan psikologi yang harus dilaksanakan oleh semua program studi psikologi.

Untuk memperkuat tujuan fakultas psikologi untuk menghasilkan tenaga profesional dalam bidang psikologi yang mampu menangani masalah psikologi dan hal-hal yang bersifat lokal, kurikulum inti tersebut telah dikembangkan menjadi 76 SKS, termasuk 68 SKS kurikulum lokal yang didasarkan pada keadaan dan kebutuhan lingkungan. Secara umum, untuk menjaga mutu lulusan maka mahasiswa dibekali tiga (3) ketrampilan wajib, yaitu aplikasi komputer, pengembangan kepribadian (Kewirausahaan) dan TOEIC (Bahasa Inggris).

Melalui  rapat senat fakultas pada tahun akademik 2010/2011 Fakultas Psikologi Universitas Muria Kudus mulai menggunakan kurikulum berbasis kompetensi.

Lihat lebih lengkap daftar mata kuliah berbasis kompetensi Fakultas Psikologi Universitas Muria Kudus.