Kesulitan Mengerjakan Tugas Karena Gangguan Psikologis

Tanya :

Hallo ka, selamat malam. Perkenalkan, saya mahasiswi Fakultas Psikologi UMK semester 6. Saya memutuskan untuk menggunakan layanan konsultasi online ini dikarenakan kondisi pandemi saat ini yang tidak memungkinkan untuk melakukan konsultasi secara offline di kampus. Sebenarnya sekarang saya sedikit kesulitan jika harus menceritakan secara runtut apa yang saya rasakan saat ini. Seharusnya saya segera melakukan konsultasi ketika saya sudah merasakan sakit yang sudah tidak bisa saya tahan saat itu.

Yang saya rasakan beberapa bulan terakhir sudah bukan lagi gejala kondisi psikis, namun sudah ke fisik. Seperti pusing, mual, gemetar, merasa nyeri di ulu hati, dan terkadang tangan saya sampai berkerigat terutama ketika mendengar, berhadapan, teringat, atau apapun yang berkaitan dengan seseorang maupun sesuatu hal yang membuat saya benar – benar down/stress. Hal itu cukup berpengaruh pada aktivitas keseharian saya.

Dampaknya kepada saya saat ini, saya kesulitan untuk mengerjakan tugas akhir yang deadlinenya sudah sangat dekat dikarenakan saya selalu merasa pusing dan mual – mual ketika berpikir sedikit berat. Dan ketika tetap saya paksakan, lama kelamaan menjadi gemetar.

Saya tidak mungkin melakukan self-diagnose karena memang hal tersebut tidak diperbolehkan, sekalipun mahasiswa progdi psikologi sendiri. Jadi, saya berharap melalui layanan konsultasi ini dapat menegetahui apa yang sebenarnya terjadi pada diri saya dan sedikit meringankan kondisi saya saat ini. Sekian Ka, terima kasih.

Rr – Perempuan

 

Jawab :

Halo kak Rr.
Sebelumnya terimakasih sekali telah mempercayakan layanan konsultasi online di Fakultas Psikologi UMK untuk membantu menjawab pertanyaan besar terkait hal yang membuat tidak nyaman secara psikologis bahkan yang sampai berdampak ke fisik seperti yang sedang kakak alami saat ini. Selain itu juga berterima kasih karena pastinya dengan usaha yang dilakukan telah berhasil melewati satu step untuk membantu diri kakak sendiri menuju ke kondisi yang lebih baik/nyaman dari pada sebelumnya dengan memberanikan diri berkonsultasi pada profesional psikologis.

Baik kak, seperti yang kakak sampaikan juga, bahwa segala hal yang terpikir membuat tidak nyaman di perasaan bisa sampai membuat fisik merasa tidak nyaman juga. Dan jika memang sudah sampai mengganggu aktivitas sehari-hari maka perlu segera untuk merestrukturisasi pikiran yang mengganggu tersebut. Sehingga diharap bisa lebih nyaman melakukan rutinitas sehari-hari. Bisa dengan pertolongan pertama dalam gangguan psikis itu dengan cara relaksasi nafas dalam sambil melakukan afirmasi positif rutin setiap hari setiap pagi paling tidak sebelum memulai aktivitas.

Hanya saja jika memang kakak merasa perlu segera ada penanganan lebih lanjut maka kami perlu ada pemeriksaan lebih lanjut untuk mendiagnosa gangguan yang dialami sehingga lebih tepat dalam menerapkan treatmen untuk terapi psikologisnya selanjutnya begitu kakak.
Silakan kakak bisa menghubungi KPT insight untuk secara personal berkonsultasi intensif dengan para psikolog profesional kami. Kontak person KPT insight bisa menghubungi di nomor 081329184369.

Salam hangat dari tim konsultasi online Fakultas Psikologi UMK.
Tetap semangat dan sehat selalu.

Konsultasi psikologi ini Dijawab oleh
Tinon Citraning Harisuci, S.Psi., M.Psi., Psikolog.

Leave a comment