Anak 5 Tahun Susah Bicara Dengan Orang Lain

Tanya :
Assalamualaikum, saya mau tanya. Anak saya umur 5 tahun susah bicara sama orang lain bahkan di sekolah tk pun tidak mau bicara sama gurunya. Tetapi kalau di rumah cerewet banget ngomong terus ..itu kenapa yah?

– AA

Jawab :
Wa’alaykumsalam Wr. Wb, Terimakasih kami ucapkan atas kesediaanya untuk bercerita terkait keluhan yang dialami
Baik, dari yang bapak paparkan, situasi dimana seorang anak menunjukkan ketidaknyamannya atau kesulitannya dalam berbicara dengan orang lain di luar lingkungan rumah, tetapi sangat aktif dan cerewet di rumah. Kondisi yang demikian ini mungkin menandakan adanya beberapa faktor yang akan mempengaruhi perilaku tersebut muncul, diantaranya :

1. Anak Anda mungkin merasa tidak nyaman atau canggung saat berinteraksi dengan orang lain di luar lingkungan yang belum akrab baginya. Ini bisa disebabkan oleh berbagai faktor juga, seperti kurangnya pengalaman, kecemasan, adanya perasaan waspada ataupun tidak percaya dengan lingkungan luar selain lingkungan rumah .

2. Ia mungkin merasa takut atau khawatir tentang bagaimana orang lain akan meresponnya, atau ia mungkin tidak percaya diri dalam situasi sosial tertentu.

3. Beberapa anak memiliki kecenderungan untuk menjadi selektif dalam komunikasi, yang berarti mereka memilih untuk berbicara hanya pada situasi atau orang tertentu yang mereka anggap nyaman

4. Lingkungan di rumah mungkin lebih akrab dan nyaman bagi ananda, sehingga ia merasa lebih bebas dan bersemangat untuk berbicara dan berinteraksi.

Untuk membantu mengatasi masalah ini, Anda dapat mencoba beberapa langkah berikut:

1. Berikan dukungan dan pujian saat anak berusaha berbicara dengan orang lain. Beri penghargaan pada setiap usaha yang dilakukannya, bahkan jika itu hanya sedikit langkah kecil.

2. Ajak anak untuk berbicara tentang apa yang dia rasakan ketika dia berinteraksi dengan orang lain di luar lingkungan rumah. Dengarkan dengan penuh perhatian dan tanpa menghakimi.

3. Bawa anak Anda ke tempat-tempat atau kegiatan yang dapat membantunya terbiasa berinteraksi dengan orang lain di luar lingkungan rumah. Ini bisa termasuk pertemuan dengan teman-teman seumurannya atau mengikuti kegiatan ekstrakurikuler di sekolah.

4. Berikan contoh bagaimana cara memulai sebuah obrolan dengan orang lain, sehingga ia akan mengamati dan meniru apa yang orang tuanya lakukan

Setiap anak berkembang dengan kecepatan dan cara yang berbeda. Penting untuk memberikan dukungan, kesabaran, dan pengertian saat membantu anak Anda mengatasi kesulitan komunikasi mereka.

Semoga membantu. Sehat selalu untuk Bapak dan Keluarga.

Konsultasi psikologi ini dijawab oleh
Prapti Madyo Ratri, S.Psi., M.Psi., Psikolog

Untuk keperluan konsultasi offline untuk secara personal berkonsultasi intensif dengan para psikolog profesional kami. Bisa menghubungi KPT insight di nomor +62 851-5800-6558.
Ingin konsultasi psikologi online (gratis), kirim saja konsultasimu DISINI. Salam hangat dari tim konsultasi online Fakultas Psikologi UMK.