Belajar Kesehatan Jiwa di RSJ Dr Soeharto Heerdjan, Grogol, Jakarta

UMK – Peranan ahli psikologi sekarang ini memang sangat penting dan dibutuhkan berkaitan dengan masalah kejiwaan di kalangan masyarakat hal itu disampaikan pada Kuliah Kerja Lapangan (KKL) mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Muria Kudus (UMK) Semester IV pada kesempatan mengunjungi Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Dr. Soeharto Heerdjan, Grogol, Jakarta.

Para rombongan Mahasiswa yang berjumlah 38 orang tersebut tiba di RSJ pada Selasa 26/05-2015. M. Widjanarko, S.Psi. M.Si selaku dosen yang mendampingi, dalam sambutannya mengatakan, “Dalam kuliah lapangan ini para mahasiswa yang biasanya hanya mendapatkan teori di kelas, diharapkan pada kunjungan ke RSJ Dr. Soeharto Heerdjan, Grogol, mendapatkan pengalaman, pengetahuan dan wawasan lebih mengenai kejiwaan manusia”.

“Pada mahasiswa yang berminat dalam kajian psikologi klinis, bisa memiliki pandangan awal mengenai bagaimana cara menangani dan menghadapi permasalahan-permasalahan kesehatan jiwa yang berkembang di masyarakat,” tambahnya.

Pada kesempatan tersebut mahasiswa dapat berinteraksi langsung dengan Psikolog Klinis RSJ  Dr. Soeharto Heerdjan, Grogol Jakarta, Hernita Wijayaratna, S.Psi, M.Psi, Psikolog. Dalam pertemuan ini beliau menyampaikan “Saat ini, memang psikolog klinis di Indonesia sangat dibutuhkan perananya, diantaranya mengenai preventif, kuratif dan rehabilitasi,” jelasnya.

 

“Semakin hari permasalahan kesehatan jiwa semakin bertambah di kalangan masyarakat terutama pada masyarakat menengah-kebawah, maka dari itu perlu adanya banyak kajian-kajian yang berkenaan dengan kesehatan jiwa di lingkungan masyarakat untuk meminimalisir gangguan kesehatan jiwa,” ulasnya.

Pada kesempatan ini, para mahasiswa diberi kesempatan berinteraksi langsung dengan pasien yang mengalami masalah kejiwaan. Selain itu, mahasiswa juga bisa observasi langsung pada anak dan remaja yang mengalami gangguan kejiwaan diantaranya masalah interaksi sensorik, gangguan skizofrenia, paraniod dan melakukan wawancara dengan imigran gelap yang tertangkap memakai narkotika sehingga harus menjalani rehabilitasi di RSJ Grogol (Islakhul Muttaqin-Portal Web UMK).