Dari Teori ke Praktek di RSJ Daerah Dr Amino Gondohutomo, Semarang

UMK – Untuk menggali lebih jauh mengenai teori-teori psikologi klinis dalam implementasinya, 62 mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Muria Kudus  pada hari Sabtu 28 November 2015 mengikuti kuliah lapangan di Rumah Sakit Jiwa Daerah Dr Amino Gondohutomo, Semarang. Kunjungan mahasiswa bertujuan untuk melihat secara langsung bagaimana penanganan pasien RSJ, treatment yang dikenakan oleh para dokter spesialis kejiwaan,  Psikolog dan perawat. Mahasiswa di berikan pembekalan oleh Bapak Andri Kristiono,SH., M. Si, selaku kepala bagian diklat dan  ibu Asri, Psikolog selaku psikolog di RSJ Daerah Dr Amino Gondohutomo.

Salah seorang, dosen pembimbing  Fajar Kawuryan,S.Psi, M.Si menjelaskan,”Sangat bersyukur karena pihak RSJ Daerah Dr Amino Gondohutomo menyambut dengan sangat ramah, dan bersedia menjadi laboratorium, gudang ilmu bagi mahasiswa Psikologi Universitas Muria Kudus, harapannya mahasiswa bisa lebih memahami fenomena, kondisi orang orang yang mengalami gangguan mental, tahu lebih jauh pengobatan yang ada di RSJ, mengetahui tugas psikolog serta treatment yang dilakukan di RSJ. Kegiatan ini juga lebih bisa melatih mahasiswa berkomunikasi, berinteraksi secara langsung pada pasien yang mengalami gangguan mental.

Pada kesempatan tersebut, mahasiswa juga di berikan kesempatan untuk masuk dan berinteraksi dengan pasien yang sudah kooperatif. Dalam sesi interaksi dengan pasien ini, mahasiswa juga dapat belajar bagaimana cara memberikan pertanyaan yang tepat, bagaimana menghadapai pasien yang mengalami gangguan mental, bagaiman cara bertanya untuk mengetahui apakah pasien masih mengalami halusinasi, bagaimana cara bertanya apakah pasen masih mengalami waham, mengetahui contoh-contoh symptom gangguan mental, serta bagaiman perilaku pasien yang mengalami gangguan mental tertentu sehingga mahasiswa dapat lebih bisa memahami apa yang sebelumnya telah mereka pelajari didalam perkuliahan.

Para mahasiswa sangat antusias sekali dalam  mengikuti kegiatan ini, seperti yang diungkapkan oleh Via sebagai berikut,” Saya mendapat tambahan ilmu banyak sekali dan bisa membandingkan dengan apa yang sudah saya dapatkan sebelumnya di perkuliahan”.  Hal senada juga di kemukakan oleh Cahya, “Kegiatan ini sangat banyak memberikan nilai positif, mahasiswa bisa lebih memahami apa yang dipelajari dan bisa mengaplikasikan ilmu yang telah didapatkan (Rr Dwi Astuti, Staf Pengajar Fakultas Psikologi UMK).