Mantan ingin Balikan?

Tanya :

Saya mau tanya, kenapa tiba-tiba mantan saya menghubungi saya padahal dia sudah mempunyai pacar baru? Padahal akun sosial media saya diblokir sama dia. Sekarang tiba tiba dia chat ke saya, bilang ke-ingat sama saya dan tidak bisa tidur. Setelah itu dia putus sama pacar baru nya. Gimana menurut Bapak/Ibu Psikolog? Terima kasih
YB – Laki-laki

Jawab :

Terima kasih sudah menghubungi kami.
Mantan adalah seorang yang pernah mengisi relung hati kita sebelum Ia menjadi salah satu momok dalam cerita kita. Tidak bisa dipungkiri bahwa meskipun putus sekalipun, kita pasti akan merindukan mantan, karena bagaimanapun, ia pernah mengisi hari hari kita.

Fenomena tersebut sangatlah wajar, tidak hanya Anda yang merasakannya. Jawaban yang paling bisa diterima akal adalah mantan Anda sedang berada di fase merindukan kasih sayang yang tidak di dapatkan dari pacar barunya. Mungkin saja ada penyesalan mengapa putus dengan Anda, karena selama bersama pacar barunya, ternyata tidak lebih baik hubungan percintaannya, tidak seperti yg dibayangkan sebelumnya. Ia mulai membanding-bandingkan antara pacar barunya dan Anda.

Lantas apa yang Anda harus lakukan?
Pertama, tanyakan pada diri Anda sendiri, apakah Anda mempunyai prinsip bahwa bisa balikan dengan mantan atau tidak. Jika anda memilih untuk tidak, maka Anda bisa melupakan atau cukup menjalin hubungan pertemanan saja. Masalah selesai. Namun jika Anda berpikir sebaliknya, maka yang Kedua, anda perlu mengingat ingat bagaimana proses putusnya dengan mantan saat itu, apakah putus baik-baik atau tidak? Atau ada orang ketiga yang menyertai hubungan Anda? Jangan sampai ketika anda menerima mantan Anda kembali, justru malah menimbulkan masalah baru yang lebih rumit dan pelik dari sebelumnya

Ketiga, ketika Anda memang benar-benar menerima mantan kembali, maka perlu diingat lagi, pola yang seperti ini bisa saja terjadi kembali. Ketika mantan bertemu dengan orang yang menurut dia lebih baik, maka Anda akan ditinggalkan.

Silahkan mempertimbangkan hal-hal lain yang mungkin bisa terjadi baik sisi positif/ negatif dan Anda bisa berpikir lebih jernih ketika memutuskan dan tidak dalam kondisi emosi / terburu-buru.
Semoga jawaban ini bisa membantu Anda
Terima Kasih

Konsultasi ini dijawab oleh :
Iranita Hervi Mahardayani, S.Psi, M.Psi, Psikologi

Untuk keperluan konsultasi offline untuk secara personal berkonsultasi intensif dengan para psikolog profesional kami. Bisa menghubungi KPT insight di nomor +62 851-5800-6558.
Salam hangat dari tim konsultasi online Fakultas Psikologi UMK.